E-Artikel Pemanfaatan ICT dalam Industri Pendidikan

ICT (Information Communication Technology) pada Industri Pendidikan

Tingginya pengguna jaringan internet d Indonesia membuat banyak perubahan yang di sebabkan teknologi informasi dan komunikasi sehingga aktifitas orang di indonesia telah berubah menjadi virtual, berikut salah satu pengertian teknologi informasi dan komunikasi menurut ahli .

Haag dan Keen (1996) pengertian teknologi informasi dan komunikasi adalah seperangkat alat pembantu untuk mendapatkan informasi dan membantu menyelesaikan tugas yang di proses dengan informasi . menurut haag dan keen bentuk informasi teknologi ini berupa komputer dan beberapa software pendukung lain nya.

Dari pengertian haag dan keen di atas saya menyimpulkan informasi berkaitan dengan data(suara,teks,gambar,audio, dan video), proses, pengelolaan sedangkan, komunikasi merupakan alat bantu untuk seseorang/individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok lain untuk bertukar informasi.

Saat ini dengan adanya ICT kita sudah tidak dapat lepas sehari pun dari telepon/handphone(smartphone), ATM,televisi, radio,maupun surat kabar digital.

Berbagai fasilitas sederhana yang kerap kita manfaatkan sehari-hari pada dasarnya dibangun di atas infrastruktur ICT yang kompleks . tidak lupa juga beragam layanan dan aplikasi yang terkait dengan ICT seperti videoconferencing, pembelajaran jarak jauh berbasis ICT(e-learning) dalam e-artikel ini saya akan membahas ICT pada industri pendidikan .

ICT Pada Industri Pendidikan

Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran-pergeseran dalam dunia pendidikan dari tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka dan lebih fleksibel.Penerapan ICT pada bidang pendidikan telah memberikan kontribusi bagi perkembangan teknologi pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet.

Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.

Dengan hadirnya e-learning setiap Siswa bisa mengakses materi pembelajaran yang disediakan melalui situs. Siswa bisa berinteraksi dengan Guru atau dengan Siswa lain tanpa harus harus hadir dikelas. Materi pembelajaran online, membuat siapa saja bisa mengakses materi tersebut tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu.

Adapun kecenderungan dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning). Kemudahan untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh telah menjadi perhatian pemerintah sebagai strategi utama. Sharing resources antar lembaga pendidikan/latihan dalam sebuah jaringan. Perpustakaan dan instrumen pendidikan lainnya seperti Guru dan laboratorium akan berubah fungsi menjadi sumber informasi.

Penggunaan perangkat Teknologi Informasi interaktif, seperti CD-ROM dan Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video. dengan perkembangan Teknologi Informasi dalam bidang pendidikan, sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh menggunakan media internet untuk menghubungkan antara peserta didik dengan pendidiknya, melihat nilai peserta didik secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal pelajaran, mengirimkan berkas tugas yang diberikan pendidik dan sebagainya. Faktor utama dalam Distance Learning yang selama ini dianggap masalah adalah tidak adanya interaksi antara pendidik dan peserta didik. dengan media internet, sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi antara pendidik dan peserta didik baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau tidak. Melalui bentuk real time dapat dilakukan dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting. Bentuk tidak real time bisa dilakukan dengan mailing list, discussion group, newsgroup, dan buletin board. Dengan cara di atas interaksi pendidik dan peserta didik di kelas dapat digantikan walaupun tidak secara utuh.

Salah satu contoh aplikasi ICT dalam bidang Pendidikan lebih dikenal dengan e-education, dengan adanya TIK dibidang pendidikan maka membuka peluang Distance Learning atau pembelajaran jarak jauh, sharing resource atau berbagi sumber daya antar lembaga pendidikan, perpustakaan online, CD-interaktif yang menjadikan pembelajaran semakin menyenangkan, adanya kuliah online dan sebagainya.

Secara konsep, dosen e-learning harus mempunyai kemampuan pemahaman pada materi yang disampaikannya, memahami strategi e-learning yang efektif, bertanggung jawab pada materi pelajaran, persiapan pelajaran, pembuatan modul pelajaran, penyeleksian bahan penunjang, penyampaian materi pelajaran yang efektif, penentuan interaksi mahasiswa, penyeleksian dan pengevaluasian tugas secara elektronik. Studio pengajar perlu dikelola lebih baik dari pada ruangan kelas biasa. Dosen harus dapat menggunakan peralatan, antara lain menggunakan audio, video materials, dan jaringan komputer selama pembelajaran berlangsung. Menurut Koswara (2006) kemampuan baru yang diperlukan dosen untuk e-learning, antara lain perlu:
a. Mengerti tentang e-learning,

b. Mengidentifikasi karakteristik mahasiswa,

c. Mendesain dan mengembangkan materi kuliah yang interaktif sesuai dengan perkembangan teknologi baru,

d. Mengadaptasi strategi mengajar untuk menyampaikan materi secara elektronik,

e. Mengorganisir materi dalam format yang mudah untuk dipelajari,

f. Melakukan training dan praktek secara elektronik,

g. Terlibat dalam perencanaan, pengembangan, dan pengambilan keputusan,

h. Mengevaluasi keberhasilan pembelajaran, attitude dan persepsi para mahasiswanya.

Contoh : http://onlinelearning.binus.ac.id/

e-artikel gambar 1

Gambar Online Learning Bina Nusantara

Selain itu juga terdapat kelemahan E-Learning

1.Biaya

karena pembelajaran menggunakan biaya yang tidak sedikit karena orang yang ingin mengunakan e-learning harus memiliki perangkat komputer dan terkoneksi internet

2.Sarat akan kecurangan

karena melalui E-learning pembelajaran berubah menjadi online sehingga para pengguna jika ia malas dengan aktifitas/tugas yang diberikan ia dapat membayar orang lain untuk menyelesaikan tugas tersebut hal itu disebabkan tidak ada pengawasan khusus untuk E-learning .

Untuk mendukung suatu pendidikan jarak jauh berbasis web antara lain harus memiliki unsur sebagai berikut:

1.Pusat kegiatan siswa

Sebagai suatu community web based distance learning harus mampu menjadikan sarana ini sebagai tempat kegiatan mahasiswa, dimana mahasiswa dapat menambah kemampuan, membaca materi kuliah, mencari informasi dan sebagainya.

2.Interaksi dalam group

Para mahasiswa dapat berinteraksi satu sama lain untuk mendiskusikan materi-materi yang diberikan dosen. Dosen dapat hadir dalam group ini untuk memberikan sedikit ulasan tentang materi yang diberikannya.

3.Sistem administrasi mahasiswa

Dimana para mahasiswa dapat melihat informasi mengenai status mahasiswa, prestasi mahasiswa dan sebagainya.

4.Pendalaman materi dan ujian

biasanya dosen sering mengadakan quis singkat dan tugas yang bertujuan untuk pendalaman dari apa yang telah diajarkan serta melakukan test pada akhir masa belajar. Hal ini juga harus dapat diantisipasi oleh web based distance learning.

5.Perpustakaan digital

Pada bagian ini, terdapat berbagai informasi kepustakaan, tidak terbatas pada buku tapi juga pada kepustakaan digital seperti suara, gambar dan sebagainya. Bagian ini bersifat sebagai penunjang dan berbentuk database.

6.Materi online diluar materi kuliah

Untuk menunjang perkuliahan, diperlukan juga bahan bacaan dari web lainnya. Karenanya pada bagian ini, dosen dan siswa dapat langsung terlibat untuk memberikan bahan lainnya untuk di publikasikan kepada mahasiswa lainnya melalui web.

Sumber :

http://www.anneahira.com/pengertian-teknologi-informasi-dan-komunikasi.htm

http://id.scribd.com/doc/27040808/2/I-1-Apa-itu-ICT

http://blog.politekniktelkom.ac.id/30212033/2012/06/22/aplikasi-tik-dalam-berbagai-bidang/

http://indrayani.staff.ipdn.ac.id/?p=56

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s